Game Kelas Bunsay Level 1 Komunikasi Produktif – Day 4

Bismillah, akhirnya bisa menulis lagim walaupun latepost. 

Di hari keempat kemarin, saya memiliki agenda full di luar rumah. Oleh karena itu, sejak pagi sudah mengafirmais babyMay utk siap beraktivitas bersama kami. Karena pergi sekeluarga maka otomatis ko prod kali ini juga merupakan project kontribusi jilid ke sekian bagi home team kami. 

Pagi-pagi, saya dan Yaya-nya May berdiskusi tentang bagaimana akomodasi kami ke tempat tujuan. Clear and clarify adalah poin penting dalam komprod kali ini. Tantangan yang kami hadapi adl jarak ke lokasi yg cukup jauh, budget terbatas, dan informasi yg kurang jelas menjadi fokus pembahasan kami. Yaya yang tipenya simple jelas terstruktur mengkonfirmasi kembali ke saya bagaimana plan nya hari ini. Kami cukup lama berdikusi dan menimbang pilihan. Karena membawa May ke lokasi yg cukup jauh dg medan ibukota memiliki beberapa resiko-resiko. Tapi bismillah bi idznillah kami memilih moda transportasi yang bisa kami kontrol kondisinya sendiri: kuda beroda dua. 

Ini adl pengalaman baru bagi May, sejauh 23 km. Alhamdulillah dg afirmasi yg positif, fokus membahas yg diinginkan, kebutuhan May tersiapkan dg baik, dan skenario Allah mengubah lokasi project kontribusi di masjid membuat May lebih mudah beraktivitas. Hari ini May juga berkenalan dengan banyak orang. Setiap kali bertemu orang baru, atau aktivitas baru selang beberapa menit atau jam, saya selalu menjelaskan kepadanya apa yang sedang dia lakukan, siapa yang ia temui, dimana dia, dan sebagainya. Alhamdulillah sekali lagi, cara ini membuat May merasa lebih familiar. Karena lokasi di masjid, entah kenapa masjid menjadi tempat favorit bagi May. Semoga upaya pembiasaan kami mengenalkan dan mendekatkan nya pada aktivitas seperti ini membuat May mencintai masjid. May menjadi lbh tenangm bisa tidur nyenyak, mam kenyang, bermain riang.

Sepulang darisana, saya memilih moda lain, KRL. Qadarallah, ada seorang relawan yang membantu kami, menemani kami pulang sampai ke Depok. Kata Yaya, Depok hujan deras. Dan betul sekali, sampai di Depok, May disambut angin kencang yang membawa bulir-bulir air. Ini kesempatan bagi saya untuk mengenalkannya tentang hujan dan waktu ijabah unuk berdoa. Bukan pertama kali May berinteraksi dengan hujan, tetapi ini yang paling intens dan lebat. Hampir 45 menit hujan semakin kencang, stasiun semakin penuh, May mulai mengantuk dan haus, udara tidak kondisional karena pengap. Akhirnya, saya dan Yaya memutuskan, kami tunggu hujan reda sedikit, kami harus membawa pulang May dg jas hujan yg ada. 

Ada kekhawatiran May akan kenapa2 jika ada disana, ataupun jika kami terpaksa hujan2an dengan kondisi jalan banjir, macet, gang sempit stasiun yabg dipenuhi mobil yang memaksa masuk. Tidak ada kekuatan kecuali dari Allah. Itu yang bisa saya sampaikan sebagai Bubunya May. Minta tolong sama Allah. Kami bersiap lengkap, sudah naik ke motor, tak menghiraukan bagaimana orang-orang melihat kami membawa bayi hujan-hujanan. Dan tantangan tiba. Stuck. Mobil Fortuner berpapasan dg sejenis Avanza di gang sekecil itu, segalanya berhenti. Hampir tdk cukup. Di belakang masih ada sejenis Mobilio. Kami diantaranya, basah kuyup. Detik demi detik rasanya lama sekali. Saya mengafirmasi May utk tenang dan kita minta tolong sama Allah utk jaga kita, agar kita selamat sampai rumah. Alhamdulillah prtolongan datang. Ada yang menunjukkan gang kecil selebar motor yang bisa dilewati. Kami pun menuju kesana, melewati kecilnya. Ini tidaak mudah, tetapi ini yang harus di tempuh. Sampai akhirny tembus ke jalan raya, melewati derasanya hujan dan banjirnya jalanan komplek berbukit kami. Akhirnya, kami sampai r7mah dg basah kuyup. May disiapkan mandi, dan bi idz nillah May enjoy dan bermain lagi di rumah. MasyaAllah, laa quwwata illa billaah.

​✅ Hal menarik apa saja yang anda dapatkan ketika mempraktikkan poin tersebut dalam komunikasi sehari-hari bersama keluarga?

Kesepahaman. Ini adl buah yang dipetik dari komprod yang kami lakukan. Dan kesepahaman itu menguatkan langkah, menyatukan pikiran, mengelorakan semangat, seperti apapun kondisi yang dihadapil

✅ Perubahan apa yang anda buat hari ini dalam berkomunikasi?

Melibatkan penuh partner bicara bukan hanya sebagai penerima pesan tetapi juga sebagai penyampai pesan yang harus saya pahami kebutuhannya.
#level1

#day4

#tantangan10 hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s