Nce Home Work #6  Belajar Menjadi Manajer Keluarga Handal

_NICE HOMEWORK #6_

*BELAJAR MENJADI  MANAJER KELUARGA HANDAL*

Bunda, sekarang saatnya kita masuk dalam tahap “belajar menjadi manajer keluarga yang handal.

Mengapa? karena hal ini akan mempermudah bunda untuk menemukan peran hidup kita dan semoga mempermudah bunda mendampingi anak-anak menemukan peran hidupnya.

Ada hal-hal yang kadang mengganggu proses kita menemukan peran hidup yaitu

 *_RUTINITAS_*

Menjalankan pekerjaan rutin yang tidak selesai, membuat kita _Merasa Sibuk_sehingga kadang tidak ada waktu lagi untuk proses menemukan diri.

Maka ikutilah tahapan-tahapan sbb :

1⃣ Tuliskan 3 aktivitas yang paling penting, dan 3 aktivitas yang paling tidak penting

2⃣Waktu anda selama ini habis untuk kegiatan yang mana?

3⃣Jadikan 3 aktivitas penting menjadi aktivitas dinamis sehari-hari untuk memperbanyak jam terbang peran hidup anda, tengok NHW sebelumnya ya, agar selaras.

4⃣Kemudian kumpulkan aktivitas rutin menjadi satu waktu, berikan “kandang waktu”, dan patuhi cut off time ( misal anda sudah menuliskan bahwa bersih-bersih rumah itu dari jam 05.00-06.00, maka patuhi waktu tersebut)

5⃣Jangan ijinkan agenda yang tidak terencana memenuhi jadwal waktu harian anda.

6⃣Setelah tahap di atas selesai anda tentukan. Buatlah jadwal harian yang paling mudah anda kerjakan. (Contoh kalau saya membuat jadwal rutin saya masukkan di subuh-jam 07.00 – jadwal dinamis ( memperbanyak jam terbang dari jam 7 pagi- 7 malam, setelah jam 7 malam kembali ke aktivitas rutin yang belum selesai, sehingga muncul program 7 to 7)

7⃣Amati selama satu minggu pertama, apakah terlaksana dengan baik?

kalau tidak segera revisi, kalau baik, lanjutkan sampai dengan 3 bulan.

_SELAMAT MENGERJAKAN_

Salam Ibu Profesional,

/Tim Matrikulasi IIP/

Jawaban

Aah, ini sebenarnya saya banget, hiks. Berasa waktu 24 jam tidak pernah cukup dengan PR seabrek. Saya sempat mengevaluasi juga dg jangkauan multitasking yang saya mampu. Hanyasaja, semua sudah dimulai, jadi yang harus diatur manajemennya. 

1.

3 Aktivitas paling penting: mengurus babymaryam dan suami, mengerjakan pekerjaan rumah tangga, menjalankan amanah publik (ngaji pekanan, AYLF, Bridetalk, KAMMI)

*sebenarnya ngga cukup kalau 3 saja

3 Aktivitas paling ga penting: terdistraksi oleh whatsapp yang tidak perlu (masih galau left grup tidak penting), leha2 dengan cuci mata online alibi searching2 eh bablas, yah intinya kayaknya yg paling bikin ga produktif adalah gadget ya, tapi juga perlu gadget, pdhl sudah diminimalisir #curhat

*selebihnya waktu ga cukup krn tepar, rehat dulu,

2.mengurus babymaryam dan gadget time krn ranah publik juga dan apdet info, kayaknya perlu dievaluasi juga nih info2nya mana yg harus dipantengin

3. Siap

4. Nah, ini, setelah ini saya harus bikin LAGI jadwal aktivitas harian, agar meminimalisir waktu ga produktif dan keteparan yang menjadi-jadi.

5. 6. 7. Siap dicoba dan dievaluasi.

Bismillah 🙂

Mari realisasi dinding rencana di rumah 🙂

Advertisements

Nice Home Work #5 Belajar Bagaimana Caranya Belajar

_NICE HOMEWORK #5_

_MATRIKULASI INSTITUT IBU PROFESIONAL  BATCH #3_

📝 *BELAJAR BAGAIMANA CARANYA BELAJAR*📝 (Learning  How to Learn)

Setelah siang ini kita mempelajari  tentang “Learning How to Learn”  maka kali ini kita akan praktek membuat *Design Pembelajaran* ala kita.

Kami tidak akan memandu banyak, mulailah mempraktekkan “learning how to learn” dalam membuat NHW #5.

Munculkan rasa ingin tahu bunda semua tentang apa itu design pembelajaran.

Bukan hasil  sempurna yg kami harapkan, melainkan “proses” anda dalam mengerjakan NHW #5 ini yg perlu anda share kan ke teman-teman yg lain.

Selamat Berpikir, dan selamat menemukan hal baru dari proses belajar anda di NHW #5 ini.

Salam Ibu Profesional,

/Tim Matrikulasi IIP/

Jawaban

Bismillah, tentang desain pembelajaran, saya pernah mengikuti jejak salah satu teman yang begitu rapi membuat desain pembelajsran di rumah untuk anaknya. Saya pun tertarik mengikuti jejak tersebut.

Saya belum bisa mengunggahnya ke blog ini, hanya saya akan menyampaikan step-step yang akan saya lakukan untuk membuat desain pembelajaran tersebut hingga siap digunakan.

1. Menentukan kurikulum pembelajaran yang akan dianut.

Pada ranah domestik ada satu buku panduan keluarga sakinah beserta evaluasinya yang akan saya gunakan.

Untuk parenting, saya dan suami memiliki rujukan ilmu beberapa ustadz yang kami anut untuk diambil pembelajarannya konsepnya dalam pendidikan anak utk diterapkan.

Untuk tumbuh kembang anak, kami menggunakan aplikasi PRIMA dari IDAI untuk melakukan kontrol.

Untuk ranah publik, upgrading ilmu dilakukan lebih banyak dengan membeli jam terbang, yakni belajar dari expert dan berbagi ilmu kepda orang lain atas apa yang dimiliki.

Untuk ilmu arsitektur, saya masih menjadwalkan pertemuan dan diskusi2 kecil dengan senior2 dalam ilmu tersebut.

Untuk ilmu kepemudaan dan kaderisasi, saya terlibat aktif dalam perkumpulan ASEAN Young Leader Forum yang akan kami besarkan bersama. Saya juga masih menekuni kaderisasi KAMMI untuk mengasah dan berbagi pengalaman kepemudaan.

Untuk ilmu bisnis fashion anak, saya bergabung dengan GHAZIA FAMILY dan Faza Corporation, mulai membangun branding dan menjajal bisnis on-line untuk tau bagaimana pasar berjalan dalam bisnis ini. 

2. Membuat bagan milestone

Saya akan menentukan perjalanan jam terbang disesuaikan dengan KM yang ingin saya raih pada milestone saya.

3. Membuat 1 map tersendiri masing2 perjalanan suami, saya, dan babymaryam. Semua rekam milestone kami akan diletakkan disana. Di dalamnya adapula kurikulum yang disepakati untuk pembelajaran ke depan. 

Bismillah, semoga ini terealisasi dengan baik ya. 🙂

Nice Home Work #4 Mendidik dengan Kekuatan Fitrah

📚NICE HOME WORK #4

🍀MENDIDIK DENGAN KEKUATAN FIITRAH 🍀

Bunda dan calon bunda peserta matrikulasi IIP, masih semangat belajar?

Kali ini kita akan masuk tahap #4 dari proses belajar kita. Setelah bunda berdiskusi seru seputar mendidik anak dengan kekuatan fitrah , maka sekarang kita akan mulai mempraktekkan ilmu tersebut satu persatu.

a. Mari kita lihat kembali Nice Homework #1 , apakah sampai hari ini anda tetap memilih jurusan ilmu tersebut di Universitas Kehidupan ini? Atau setelah merenung beberapa minggu ini, anda ingin mengubah jurusan ilmu yang akan dikuasai?

b.  Mari kita lihat Nice Homework #2,  sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita? Checklist ini sebagai sarana kita untuk senantiasa terpicu “memantaskan diri” setiap saat. Latih dengan keras diri anda, agar lingkungan sekitar menjadi lunak terhadap diri kita.

b.Baca dan renungkan kembali  Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan kita di muka bumi ini? Kalau sudah, maka tetapkan bidang yang  akan kita kuasai, sehingga peran hidup anda akan makin terlihat.

Contoh : 

Seorang Ibu setiap kali beraktivitas selalu memberikan inspirasi banyak ibu-ibu yang lain. Bidang pelajaran yang paling membuatnya berbinar-binar adalah “Pendidikan Ibu dan Anak”. Lama kelamaan sang ibu ini memahami peran hidupnya di muka bumi ini adalah sebagai inspirator.

Misi Hidup : memberikan inspirasi ke orang lain

Bidang : Pendidikan Ibu dan Anak

Peran : Inspirator

c. Setelah menemukan 3 hal tersebut,  susunlah ilmu-ilmu apa saja yang diperlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut. 

Contoh :  Untuk bisa menjadi ahli di bidang Pendidikan Ibu dan Anak maka Ibu tersebut menetapkan  tahapan ilmu yang harus dikuasai oleh sebagai berikut :

1. Bunda Sayang : Ilmu-ilmu seputar pengasuhan anak

2. Bunda Cekatan : Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga

3. Bunda Produktif : Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.

4. Bunda Shaleha : Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang 

d. Tetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup

contoh : Ibu tersebut menetapkan KM 0 pada usia 21 th, kemudian berkomitmen tinggi akan mencapai  10.000 (sepuluh ribu ) jam terbang  di satu bidang tersebut, agar lebih mantap menjalankan misi hidup. Sejak saat itu setiap hari sang ibu mendedikasikan 8 jam waktunya untuk mencari ilmu, mempraktekkan, menuliskannya bersama dengan anak-anak.  Sehingga dalam jangka waktu kurang lebih 4 tahun, sudah akan terlihat hasilnya. 

Milestone  yang ditetapkan oleh ibu tersebut  adalah sbb  :

KM 0 – KM 1 ( tahun 1 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Sayang

KM 1 – KM 2 (tahun 2 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Cekatan

KM 2 – KM 3 (tahun 3 ) : Menguasai Ilmu seputar Bunda Produktif

KM 3 – KM 4 ( tahun 4) : Menguasai Ilmu seputar Bunda shaleha

e. Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.

f. Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan

Sang Ibu di contoh di atas adalah perjalanan sejarah hidup Ibu Septi Peni, sehingga menghadirkan kurikulum Institut Ibu Profesional, yang program awal matrikulasinya sedang kita jalankan bersama saat ini. 

Sekarang buatlah sejarah anda sendiri. 

Karena perjalanan ribuan mil selalu dimulai oleh langkah pertama, segera tetapkan KM 0 anda.

Salam Ibu Profesional,

/Tim Matrikulasi IIP/

Jawaban:

a. Tidak, saya sudah mantap dengan jurusan yang saya pilih.

b. Konsisten penuh belum, saya maish beradaptasi dengan cara baru mengatur diri dan aktivitas saya, tapi saya tetap semangat berusaha menjadi lebih baik.

 c. Saya merenungi, mengapa Allah menciptakan saya di muka bumi sebagai berikut.

Misi hidup: Menjadi muslimah yang shalihah di ranah domestik dan menjadi muslih di ranah publik

Bidang: 

secara domestik yang sdh saya tekuni adalah bidang pernikahan dan membangun rumah tangga islami; 

secara publik yaitu bidang profesi riset arsitektur, kaderisasi kepemudaan, dan bisnis

Peran: pelaku dan inspirator kebaikan dan perubahan

d. Ilmu yang perlu saya kuasai dikelompokkan menjadi 2, yaitu ilmu domestik dan publik

Ilmu domestik:

– ilmu tentang membangun keluarga sakinah mawaddah wa rahmah wad dakwah

– ilmu parenting islami

Ilmu publik:

– ilmu riset arsitektur tentang hunian, permukiman, dan lingkungan binaan

– ilmu tentang organisasj kepemudaan dan kaderisasi pemuda

– ilmu tentang bisnis fashion anak (produksi maupun marketing)

e. Nah, tentang milestone ini, saya akan membuat lebih detil, dikolaborasikan dengan NHW #2 karena ilmu2 diatas juga perlu diturunkan dan masing2 ilmu memiliki KM 0 berbeda.

Semoga saya mampu menyusun dan merealisasikannya dengan baik. Bismillah 🙂