Umar The Conqueror Quotes

1# Ya Allah, jika Engkau mencatat kami sebagai orang yang celaka dan berdosa di sisiMU, sesungguhnya Engkau bias menghapusnya kapanpun sesuai dengan keinginanMu dan ketetapanMu. Di sisiMu ada Al Quran, maka jadikanlah Al Quran sebagai kitab suci yang mendatangkan kebahagiaan dan ampunan.

2# Jika engkau memiliki harta yang dipinjam orang, dirimu adalah orang yang mulia. Jika engkau adalah orang yang memiliki akal, dirimu adalah orang yang memiliki kewibawaan. Jika engkau adalah orang yang memiliki harta yang banyak, dirimu adalah orang yang terhormat. Namun, jika engkau adalah orang yang tidak memiliki apa-apa, dirimu tidak jauh beda dengan keledai.

3# Saudara-saudaraku sekalian, janganlah terlalu banyak bergaul dengan orang-orang yang mementingkan dunia karena hal itu akan menyempitkan rezeki. Wahai manusia, jangan hanya mementingkan urusan perut, karena hal itu akan membuat kalian malas untuk untuk mengerjakan shalat, akan merusak fisik, dan mendatangkan penyakit. Jagalah kekuatan kalian karena hal itu akan mendatangkan kebaikan, menjauhkan diri dari pemborosan, dan menguatkan ibadah kepada Allah. Bergaullah dengan orang-orang yang suka bertaubat kepada Allah. Sesungguhnya mereka adalah hidangan yang paling lezat. Aku tahu orang yang paling dermawan dan paling murah hati. Orang yang paling dermawan adalah mereka yang mau memberi orang yang tidak menolaknya, sedang yang murah hati adalah orang yang mau memaafkan orang yang mendholiminya. Zuhud di dunia adalah ketenangan hati dan fisik. Belajarlah ilmu yang membuatmu merasa nyaman dan bijaksana. Rendah hatilah terhadap murid-muridmu dan gur-gurumu. Jangan menjadi ulama yang terlalu keras sehingga kebodohan kalian akan mengalahkan ilmu yang kalian miliki. Wahai para ahli Qur’an, janganlah kalian menjual ilmu dan Al Qur’an agar kalian tidak terjebak dalam tempat yang hina dan tidak bias masuk syurga.

4# Aku tidak khawatir sama sekali terhadap salah satu dari kedua karakter orang, pertama, orang mukmin yang keimanannya jelas, kedua, orang kafir yang kekafirannya jelas. Tetapi aku sangat khawatir terhadap orang munafik yang mengaku beriman, tapi ternyata perbuatannya tidak mencerminkan keimanannya. *Astaghfirullah…T.T

5# Orang yang paling aku takuti diantara kalian ada tiga, pertama, orang munafik yang ketika membaca Al Qur’an tidak ada salahnya sama sekali, dia berdebat dengan orang lain demi memperlihatkan kepandaiannya dengan tujuan ingin menyesatkan mereka, kedua, orang alim yang tergelincir ke dalam kesalahan, ketiga, para pemimpin yang menyesatkan. * Astaghfirullah Rabb… Astaghfirullah….

6# Yang menghancurkan islam adalah orang-orang alim yang salah dan orang munafik yang suka berdebat.

7# Umar bertanya pada Rasulullah,”Wahai Rasulullah,apaka tidak sebaiknya kita bertawakkal saja?” Rasulullah menjawab, “Berusahalah, wahai Umar bin Khattab, semua kemudahan itu telah ditetapkan olehNya. Siapa yang telah ditetapkan menjadi orang yang bahagia maka dia akan beramal (berusaha) untuk meraih kebahagiaan itu. Adapun orang yang telah ditetapkan menjadi orang yang menderita maka dia akan melakukan hal-hal yang membuatnya menderita.”

8# Ada tiga hal yang menjadi tanda kecintanmu kepada saudaramu, yaitu engkau mengucapkan salam kepadanya jika bertemu, melapangkan tempat untuknya jika dia mau duduk denganmu, dan memanggilnya dengan nama yang paling dia suka. Akan dianggap berdosa jika ada orang yang membeberkan rahasia saudaranya yang rahasia tersebut dia sembunyikan utnuk dirinya sendiri dan orang yang menyakiti temannya dengan mengatakan sesuatu yang tidak disukai temannya.

9# Janganlah kalian kagum akan apa yang dikatakan orang-orang, tetapi kagumilah orang yang menunaikan amanahnya kepada orang yang mempercayainya dan orang yang tidak mengganggu orang lain, baik dengan tangan maupun lidahnya.

10# Janganlah kamu langsung menganggap ucapan seseorang itu tidak baik karena ucapan tersebut masih ada kemungkinan kau maknai dengan makna yang lebih baik.

11# Janganlah engkau membicarakan sesuatu yang tidak berarti, berhati-hatilah terhadap temanmu kecuali orang yang dapat dipercaya, tidak ada orang yang dapat dipercaya kecuali yang takut kepada Allah. Janganlah kamu berjalan dengan orang jahat karena dia kan mengajarimu, jangan kamu membeberkan rahasiamu kepadanya dan janganlah kamu merundingkan masalahmu kecuali kepada orang yang takut kepada Allah SWT.

12# “Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan, tanpa ada kesalahan yang mereka perbuat, maka sungguh, mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata. (Al Ahzab:58)” Aku khawatir diriku termasuk orang yang dimaksud dalam ayat ini. Aku menyakiti orang-orang beriman. * Astaghfirullah Rabb..apalagi aku…T.T

13# Tidak akan pernah cukup balasan orang yang durhaka kepada Allah dengan mengambil hakmu, seperti kepatuhanmu kepada Allah dengan memberikan hakNya. Siapa yang membiarkan diri tertuduh, janganlah menyalahkan orang yang berprasangka buruk kepadanya. Siapa yang menyembunyikan rahasianya niscaya kebaikan ada dalam genggamannya. Kalian harus berteman dengan orang yang jujur dan perbanyaklah mencari teman seperti mereka karena mereka akan menjadi penghibur kala suka dan pelipur kala duka. Ingatlah selalu kepada Allah karena itu akan menjadi obat. Janganlah kalian mengingat-ingat manusia karena itu akan mendatangkan penyakit. Carilah kebahagiaanmu dengan mengasingkan diri. Ketahuilah, sederhana (sedikit) mengikuti sunnah Rasulullah lebih baik daripada banyak berijtihad tetapi menyesatkan. Orang bahagia adalah orang yang bias mengambil pelajaran dari orang lain.

14# Siapa yang sering melakukan sesuatu maka ia akan terkenal degan apa yang dia lakukan itu. Orang yang banyak bicara akan sering tergelincir, orang yang sering tergelincir berarti sedikit rasa malunya, orang yang sedikit rasa malunya berarti sedikit wara’nya, orang yang sedikit wara’nya berarti mati hatinya.

15# Tidak ada sesuatupun dari apa yang bisa dilihat yang kekal gemerlapnya. Yang kekal hanyalah Tuhan, sedangkan harta dan anak akan binasa. Harta kekayaan Harmes tidak bias menyelamatkannya sehari pun. Kaum ‘Ad berusaha untuk kekal, tapi tidak mampu. Tidak juga Sulaiman, ketika angin tunduk padanya. Jin dan manusia dating mengabdi padanya. Mana raja-raja yang karena kewibawaannya, banyak tamu dating dari berbagai penjuru. Disana ada telaga yang akan didatangi. Pasti suatu hari dia didatangi. Sebagaimana mereka datang. – Syair Umar bin Khattab –

16# Jika aku berada pada suatu posisi yang itu merupakan cita-citaku, tetapi aku tidak mampu membawa rakyatku ke posisi  yang sama, itu bukanlah suatu posisi yang diharapkan.

Umar ibn Al Khattab, The Conqueror!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s